Nusantara Cloud

Cloud and Software Development Services


Yang Perlu Diwaspadai Ketika Menggunakan Jasa Konsultan IT

5.24.2017


Apakah Membangun Software Sulit?

Software memiliki tingkat kompleksitas yang berbeda-beda. Ada yang rumit, misalnya e-commerce dengan sistem pembayaran ter-integrasi dan sistem rekomendasi produk berbasis Artifical Intelligence. Ada pula yang cukup mudah, misalnya website statis untuk portofolio perusahaan atau informasi produk.

Berhadapan dengan Konsultan IT

Pemilik usaha kebanyakan menggunakan jasa konsultan IT untuk membangun website sederhana seperti portofolio perusahaan. Tentunya tidaklah salah, karena dengan jasa tersebut, pemilik usaha dapat fokus dengan bidang yang ditekuninya. Namun tidak jarang kami mendengar problema-problema seperti ini:

  1. Klien yang agak gaptek diperas oleh konsultan secara tidak langsung melalui charge harga yang tidak wajar.
  2. Konsultan menggunakan teknologi tidak umum, sehingga klien menjadi ketergantungan terhadap konsultan tersebut.
  3. Konsultan tidak lagi dapat dihubungi, sehingga klien kesulitan saat hendak melakukan perubahaan/pengembangan, perpanjangan nama domain, perpanjangan server, dsb.
  4. Serah terima tidak lengkap, seperti kurangnya satu atau banyak dari hal berikut: source code program yang telah dibuat, informasi atas hostingan yang digunakan, informasi akun yang diperlukan untuk perpanjang hosting.

Bagaimana Menghindari Problem Diatas?

Berikut ini adalah beberapa kiat yang bila anda pelajari, anda dapat ber-negosiasi lebih baik dengan konsultan IT:

  1. "Website dengan Template" vs. "Website Desainer"
    • Sama halnya dengan membeli furnitur, anda bisa membeli furnitur yang telah diproduksi masal ("Website dengan Template", memiliki harga yang lebih terjangkau) atau membeli furnitur khusus dengan desain yang anda rancang sendiri ("Website Desainer", tentunya dengan harga yang tinggi). Untuk kebutuhan sederhana seperti portofolio dan informasi mengenai produk usaha anda, "Website dengan Template" biasanya cukup untuk memenuhi kebutuhan. Untuk memberikan gambaran yang konkrit, untuk sebuah "Website Desainer" yang dihargai 10 juta rupiah (termasuk biaya desain grafis, pemrograman, dan testing), kualitasnya sebanding dengan "Website dengan Template" yang dihargai ratusan ribu rupiah saja. Mengapa harganya bisa berbeda jauh? Sederhana, karena yang satu main quantity.
    • Poin Penting:
      • Apakah kebutuhan anda bisa dipenuhi oleh "Website dengan Template" ataukah anda memerlukan "Website Desainer"?
      • Salah satu template yang populer adalah Bootstrap , pilihan template bisa dilihat di:
  2. Frameworks dan Teknologi yang Dipakai.
    • Masalah lain yang umum terdengar adalah pembuatan software dengan teknologi yang tidak lazim atau terlalu kuno. Software kerap kali memiliki bugs/problem yang ditemui di kasus-kasus unik yang hanya bisa diuji oleh waktu. Selain itu, tidak jarang kebutuhan bisnis berubah dan software yang sudah dibangun perlu dikembangan lebih lanjut. Namun ketika software tersebut dibangun menggunakan teknologi yang tidak lazim/kuno, sangat sulit mencari konsultan IT baru yang bersedia melakukan reparasi/bug-fixing atau melanjutkan pengembangan. Tidak jarang akhirnya klien perlu merogoh kocek mengeluarkan budget besar untuk membangun ulang software tersebut dengan teknologi yang konsultan-konsultan baru bersedia.
    • Poin Penting:
      • Tanyakan teknologi/frameworks yang dipakai oleh konsultan IT. Konsultasikan feasibility teknologi ini dengan rekan anda yang familiar dengan dunia teknologi.
  3. Total Waktu Pengerjaan.
    • Total waktu disini bukan waktu yang diperlukan sampai proyek selesai, tetapi jumlah jam/hari yang diperlukan untuk pengerjaan. Mengapa menanyakan ini? Karena dengan ini anda bisa menghitung biaya per-jam jasa konsultan tersebut. Konsultan IT memiliki charge yang berbeda-beda, mulai dari $15 per-jam hingga $200 per-jam atau bisa lebih, bergantung pada tingkat kesulitan program dan teknologi yang dipakai. Harga pasaran jasa freelancing IT dapat dilihat di www.upwork.com (international), www.sribulancer.com (lokal Indonesia), atau website sejenis. Variasi harga tentunya bergantung pada kemampuan teknikal konsultan tersebut dan juga tingkat ke-professionalan, namun yang pasti, dibekali pengetahuan ini anda memiliki benchmark akan kewajaran harga yang ditawarkan.
    • Poin Penting:
      • Hitung biaya per-jam jasa konsultan IT yang anda hendak gunakan. Komparasi harga tersebut dengan harga pasar.
  4. Source Code Hasil Pengerjaan.
    • Hal lain yang kerap dilupakan adalah meminta source code atau kode yang membangun software anda. Tanpa kode ini, bugs/problem di dalam software tidak bisa diperbaiki dan pengembanganpun tidak dapat dilakukan. Implikasinya, ketika ada masalah fatal atau perubahan yang bersifat wajib, biaya besar perlu dikeluarkan karena software harus dibuat ulang.
    • Poin Penting:
      • Ketika software di-delivery oleh konsultant IT, pastikan anda meminta source code software tersebut.
  5. ID dan Password untuk semua akun pendukung.
    • Software yang dipublikasi di Internet seperti website, atau aplikasi Android/iPhone memerlukan biaya tahunan untuk tetap dipublikasi. Untuk website, diperlukan biaya hosting dan domain name. Untuk aplikasi Android/iPhone diperlukan biaya app store. Kerap kali masalah timbul karena ID dan Password untuk akun yang bersangkutan tidak ada.
    • Poin Penting:
      • Pastikan anda memiliki ID dan password untuk semua akun pendukung software anda.